Pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda hingga saat ini membuat para pemilik bisnis harus pintar-pintar melakukan promosi sehingga meningkatkan penjualan agar mampu bertahan. Di tengah pandemi seperti saat ini, digital marketing menjadi makin penting guna membuka peluang baru agar bisnis tetap bisa bertumbuh.

Digital marketing merupakan strategi yang wajib untuk di terapkan setiap bisnis jika ingin bertahan di tengah dinamisnya perkembangan teknologi digital.

Tidak hanya itu, digital marketing juga mampu menjangkau target pasar dengan lebih akurat, lebih efisien dalam hal biaya dan mampu di evaluasi kinerjanya lebih cepat.
Terlebih salah satu keunikan digital marketing adalah para pengguna internet telah memliki ketertarikan terhadap suatu produk.

Dan berikut ini ada tips dari The Conversion, bagaimana agar bisnis tetap bisa bertahan dan memiliki peluang di tengah pandemi saat ini.

1. Buat Produk yang Relevan Serta Bermanfaat

Agar bisnis tetap bertahan di tengah masa pandemi seperti saat ini, maka kamu perlu membuat produk yang relevan dengan kondisi pandemi. Kombinasikan juga produk yang ada ataupun menciptakan produk dengan market baru yang relevan.

2. Maksimalkan dengan Strategi Digital Marketing

Setelah membuat produk yang relate dengan keadaan saat ini, selanjutnya adalah Anda harus mengetahui siapa yang menjadi target market Anda.

Selain itu, Anda juga harus tentukan juga di mana target market Anda berada misalnya apakah mereka aktif di sosial media, search engine ataukah marketplace. Setelah itu, optimasi bisnis Anda melalui platform tersebut.

3. Gunakan Promosi Menarik

Promosin memang memegang peran penting dalam setiap kegiatan pemasaran. Untuk itu, kombinasikan produk Anda dengan promosi yang menarik. Seperti memberikan bonus berupa masker dan hand sanitizer yang sudah Anda kemas sesuai dengan packing brand. Ataupun konsumen mendapatkan promo menarik jika melakukan pemesanan secara online.

4. Berkolaborasi dengan Influencer

Salah satu cara penting agar brand Anda dikenal banyak orang yang tepat adalah dengan bekerja sama dengan influencer.

Tetapi jangan salah influencer yang digunakan harus yang tepat dengan produk Anda dan yang pasti jangan cuma untuk awareness saja, karena kalian bisa juga bekerja sama dengan influencer dengan tujuan meningkatkan penjualan dan brand image yang positif dalam e-commerce maupun marketplace.

5. Ubah Strategi Pemasaran


Terakhir, sudah saatnya untuk beranjak dari strategi pemasaran secara offline menuju online dengan memanfaatkan digital marketing. Gunakan platform periklanan, seperti Google dan sosial media yang mendukung bisnis Anda secara online.

Tentukan juga strategi apa saja yang ingin digunakan, tentukan siapa yang menjadi target market Anda, siapkan sistem pemesanan dan pengiriman secara online. Jika sudah, optimasikan strategi digital yang paling banyak menghasilkan penjualan.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari strategi pemasaran ini, akan lebih baik Anda bekerja sama dengan perusahaan yang sudah ahli dalam bidang digital marketing ini sehingga perusahaan Anda akan lebih fokus pada BIG PICTURE bisnis dan hasil yang didapatkan pun lebih maksimal.

Perusahaan yang di pimpin oleh motivator ternama dan penulis buku "Financial Revolution di Indonesia", yakni Tung Desem Waringin di kuartal pertama 2021 kembali mendapatkan gold medal dari Facebook Indonesia karena berhasil memenangkan kategori Optimasi Iklan Secara Optimal dan sesuai dengan best practice dari Facebook.

1 comment
  • M Adib Fikri
    M Adib Fikri
    Selalu Semangat
    Selalu semangat untuk seluruh pengusaha di Indonesia
Sign in or join to post new comments